Home / Renstra / Analisis Faktor Eksternal / Analisis Faktor Eksternal

Analisis Faktor Eksternal

Identifikasi Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal meliputi :

Faktor Ekonomi

Walaupun tidak terkait secara langsung dengan ilmu kefarmasian, faktor ekonomi pada dasarnya mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap proses belajar mengajar dan kemajuan suatu lembaga pendidikan. Tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih belum memadai pada saat ini dalam pengertian yang terkait dengan pendidikan, dapat dianggap sebagai ancaman bagi keberlanjutan program pendidikan. Apabila seseorang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, maka ia harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

 

Faktor Kebijakan

Berbagai peraturan, kebijakan ataupun perundang-undangan yang diberlakukan pemerintah yang dimaksudkan untuk menata kehidupan bermasyarakat lebih teratur dan lebih baik, sering pula menyulitkan dunia pendidikan terutama bagi lembaga perguruan tinggi yang masih dalam taraf berkembang, misalnya terbukanya kesempatan bagi Perguruan Tinggi Asing untuk membuka kelas khusus di Indonesia.

Dalam hal ini, kompetitor perguruan tinggi sejenis, negeri maupun swasta, menjadi tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan.

 

Faktor Teknologi

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sangat cepat terutama terkait dengan teknologi informasi dan instrumentasi, sering berdampak pada pengalokasian dana yang harus disiapkan dengan perencanaan yang matang. Begitu pula yang terkait dengan maintenance dan ketergantungan terhadap produk impor.

 

Faktor Sosial / Lingkungan

Faktor ini mempunyai dampak pada penataan lingkungan kampus, karena umumnya kampus dituntut mempunyai lingkungan yang kondusif, nyaman, asri dan tenang, serta memiliki kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai.

Tags: ,