Home / Berita Terbaru / Pembentukan Sentra Kekayaan Intelektual

Pembentukan Sentra Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual atau disingkat “HKI” adalah hak yang
timbul atas hasil olah pikir otak manusia yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Secara umum dapat dikatakan bahwa obyek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia. Oleh karena itu ada yang berpendapat bahwa hak-hak tersebut digolongkan ke dalam hak-hak atas barang-barang yang tak berwujud atau intangible. Analoginya adalah jika ide-ide tersebut keluar dari fikiran manusia dan menjelma dalam suatu
ciptaan kesusasteraan, ilmu pengetahuan, dan lain-lain, maka menjadi benda berwujud (tangible) dan dapat menjadi sumber keuntungan (Dadan samsudin, sumberdaya ristekdikti).

Seiring dengan hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang terus meningkat secara kuantitatif maupun kualitatif dengan beberapa penelitian sudah dapat menghasilkan metoda ataupun produk yang memiliki nilai jual, maka STFI menganggap perlu untuk membentuk unit kerja yang mewadahi hal tersebut. Sentra Kekayaan Intelektual (Sentra KI) merupakan wujud nyata keseriusan STFI untuk menghasilkan produk hasil penelitian yang bermutu dan bernilai jual. Dengan adanya sentra KI akan dapat mempermudah dosen STFI untuk mendaftarkan hasil penelitian untuk mendapatkan perlindungan dan sekaligus memasarkannya ke perusahaan dalam dan luar negeri. Sentra KI STFI selain merupakan jembatan bagi civitas akademika STFI namun juga dapat dimanfaatkan oleh peneliti dari luar STFI.

Sentra KI STFI merupakan kerjasama dengan Universitas Ma Chung Malang yang sudah lebih dahulu memiliki sentra KI. kepengurusan sentra KI merupakan kolaborasi dari 3 perguruaan tinggi yaitu :

Ketua : Prof. Dr. Sidik, Apt. (pemegang paten Kiranti dan beberapa produk herbal lain)

Bidang Pengkajian Materi  : Dr. A. Zainuddin, MS. ( Kimia UNPAD)

Konsultan Hukum  : M. Fachrial, SH. ( Universitas Ma Chung )

Pemasaran  : Pupung Ismayadi, ST., MM.  ( Wakil ketua II STFI)

Melalui kolaborasi antara tokoh besar yang memiliki banyak paten dengan tokoh muda yang energik diharapkan akan muncul berbagai produk dipasaran yang merupakan hasil penelitian dari dosen dan mahasiswa STFI. Semangat untuk maju berkembang memberikan kontribusi bagi kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia akan terus dipupuk dan dijadikan motivasi.