Home / PPPM / Penyuluhan Keselamatan Kerja di Laboratorium

Penyuluhan Keselamatan Kerja di Laboratorium

Penyuluhan keselamatan kerja di Laboratorium merupakan program rutin dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STFI dengan sasaran siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) kelas 3. Program penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan bekal kepada calon asisten apoteker untuk menghadapi dunia kerja atau jenjang pendidikan lebih tinggi.

Asisten apoteker memiliki lingkup kerja yang cukup luas, diantaranya adalah industri farmasi, laboratorium uji, laboratorium klinik dan jenis laboratorium lain, untuk itu pengetahuan tentang keselamatan kerja di laboratorium penting untuk dipahami untuk menjamin keselamatan diri dan tempat kerja itu sendiri.

Keselamatan kerja di laboratorium yang disampaikan pada penyuluhan meliputi beberapa aspek dasar keselamatan diantaranya:

  • Prinsip dasar perlunya keselamatan kerja di laboratorium
  • Tanda-tanda peringatan di laboratorium
  • Cara kerja yang aman dan hal-hal yang harus dihindari
  • Cara penanganan dasar kecelakaan

Melalui penyuluhan keselamatan kerja di laboratorium diharapkan menjadi landasan pengetahuan dan sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri yang selanjutnya menjadi rasa suka terhadap laboratorium, yang selanjutnya dapat mencetak tenaga trampil di laboratorium.

Tags: ,