Home / Renstra / Analisis Faktor Internal / Sumberdaya Manusia

Sumberdaya Manusia

Tenaga Dosen

Di samping keberadaan mahasiswa, salah satu unsur penting lainnya dalam pendidikan dan pengajaran adalah ketersediaan tenaga dosen dengan kualifikasi yang memadai. Dengan kondisi saat ini, dosen STFI terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu: dosen tetap dan dosen tidak tetap. Dosen tetap, terdiri dari dosen yang diangkat oleh Yayasan dan dosen PNS dpk dari Kopertis Wilayah IV Jawa Barat – Banten, sedangkan dosen tidak tetap berasal dari institusi pendidikan tinggi negeri dan atau anggota profesi serta praktisi yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Jumlah dosen tetap yang pada beberapa tahun lalu hanya 5-6 orang, di awal tahun 2012 ini STFI telah memiliki 13 orang dengan kualifikasi S2 sesuai kompetensi 7 orang, S2 dengan kompetensi lain 2 orang dan S1 sebanyak 4 orang. Di antaranya 1 orang sedang melanjutkan pendidikan S2, dan beberapa lainnya juga sudah direncanakan untuk mengikuti pendidikan lanjutan. Di samping itu, terdapat 14 dosen tidak tetap berpendidikan S3 dan 7 dosen bergelar profesor. Rasio dosen tetap dengan mahasiswa saat ini adalah ± 1:23, sedangkan rasio dosen tetap dan dosen tidak tetap yang pada awalnya berada pada kisaran 1:7, saat ini menunjukkan perbaikan pada nilai 1: 2,5.

Tenaga Penunjang Akademik

Selaras dengan peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun, tenaga penunjang akademik juga mengalami perubahan. Penambahan diprioritaskan pada staf Prodi dan tenaga kebersihan laboratorium. Kendala yang cukup berdampak signifikan, adalah kurangnya tenaga teknis yang memahami maintenance peralatan. Sementara ini, untuk mengatasi hal-hal di luar kemampuan staf STFI, diserahkan pada para pemasok.

Tags: ,