Komersialisasi hasil penelitian merupakan tahap akhir dari rangkaian panjang proses penelitian, tahap ini membuktikan manfaat nyata pekerjaan penelitian. Komersialisasi hasil penelitian yang dilakukan oleh STFI untuk produksi senyawa marker bahan alam dijajaki dengan dua perusahaan yaitu PT Sahabat Sejati Sejahtera ( PT. SSS) dan Tokyo Chemical Industri (TCI).

Pertemuan dengan 2 perusahaan mitra ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang sudah dilakukan oleh STFI dan TCI di kampus STFI. Pertemuan yang dilakukan pada tanggal 24 Desember 2019 dilaksanakan di kantor TCI tepatnya di 4 Chome-10-2 Nihonbashihoncho, Chuo City, Tokyo, Japan, dihadiri oleh Dewi Astriany (Wakil Ketua I STFI), Miyo Toyota (Sales Executive TCI), Takeshi Omori (Senior Manager TCI), Masanori Nikaido (Team Leader Purchasing TCI), Sudaryono (pimpinan PT. SSS), dan Kikuchi Takenori (Special Assistant to the CEO PT. SSS).

PT. Sahabat Sejati Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak dalam pengolahan bahan alam dengan kantor pusat di Jakarta, sedangkan Tokyo Chemical Industri adalah perusahaan penjualan senyawa-senyawa kimia yang berkantor pusat di Tokyo Jepang. Melalui kerjasama dengan kedua perusahaan ini STFI berharap dapat memanfaatkan hasil penelitian menjadi produk yang dapat dijual secara global.

Hasil penelitian yang menjadi fokus pada pertemuan ini adalah senyawa marker dari kunyit, pala, manggis, dan kencur, dari pertemuan awal pada kunjungan TCI ke kampus STFI produk-produk ini diminati oleh TCI dan cocok dengan spesifikasi produk yang mereka jual. Untuk memasuki pasar global maka produksi harus dipastikan terjamin secara kualitas dan kuantitas, untuk itu kehadiran PT. SSS yang merupakan perusahaan pengolahan bahan alam menjadi mitra yang tepat.

STFI sangat berterima kasih kepada 2 perusahaan mitra terutama kepada TCI yang bersedia menerima kunjungan 1 hari menjelang perayaan Natal. Harapan besar untuk dapat mewujudkan hasil pertemuan ini menjadi kerjasama nyata dalam pengolahan dan pemanfaatan bahan alam Indonesia menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.